Wednesday, January 9, 2008

Ilmu Pernafasan


Ilmu pernafasan memiliki pengaruh luar biasa terhadap kesihatan. Dengan mengolah pernafasan secara tepat dan rutin maka berbagai macam penyakit dapat diubati dengan sangat cepat. Pernafasan yang dalam selama 60 saat dapat menenangkan jiwa dan raga dan mengepam O2 (oksigen) untuk mempertahankan tenaga ke otak dan otot-otot kita. Menurut ahli fisiologi jiwa dan raga ; sebagian besar dari kita melakukan pernafasan dangkal melalui otot dada dgn tidak terjadi pernafasan secara mendalam dan efisien di dalam paru-paru yg menyebabkan terjadinya pertukaran antara O2 yg masuk dan CO2 (karbon dioksida) yg keluar. Saat menarik dan menghembuskan nafas mendalam dari perut akan terjadi aliran darah yg mengandung O2 melalui sistem kardiovaskular untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru dan mengantarkan tambahan nutrien untuk otot-otot yg bekerja.
Berbagai penyakit fisik yang sudah terbukti dapat diubati dalam waktu sangat cepat melalui latihan pernafasan ini antara lain penyakit asthma, alergi, gastrik, darah tinggi, darah rendah, jantung, kolesterol tinggi, kencing manis (diabetes mellitus), gula, kencing batu, buah pinggang, hati, ambeien, sinuitis, migrain, vertigo, lemah syahwat, sering masuk angin, pegal-linu, cepat lelah, cepat tersinggung, mudah marah, dan berbagai penyakit fisik lainnya
Disamping itu dengan mengikuti latihan pernafasan yang rutin, emosi menjadi lebih terkawal, sehingga orang yang pemarah maupun yang mudah tersinggung akan menjadi lebih sabar. Demikian juga penyakit stress akan hilang dan berubah menjadi rasa percaya diri dan bahagia.
Sedangkan bagi yang sudah sihat, dengan mengikuti latihan pernafasan akan meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produktivitas kerja. Bahkan dengan mengikuti latihan pernafasan ini, kita akan terbebas dari kebiasaan dan ketergantungan memakai ubat-ubatan.

No comments: